Objek Wisata Taman Mekarsari, Tempat untuk Konservasi Tumbuhan


Travel Hitz - Objek wisata taman mekarsari adalah taman buah yang didirikan oleh ibu Tien Soehato. Taman ini berkonsep konservasi tanaman, namun kemudian konsep tersebut ditambah menjadi empat konsep, yaitu konservasi, reboisasi, edukasi dan rekreasi. Luas taman mekarsari 264 hektar, taman ini memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon. Adapun tanaman yang termasuk didalamnya, yaitu tanaman rempah, biofarmaka, pangan, hias, sayur, industri dan pelndung. Ditempat ini juga terdapat laboratorium unuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nanas arnis, jambu air toon klow, pedakka yaitu hasil persilangan buah cempadak dan nangka, cempeka dan nangkadak. Di objek wisata taman mekarsari Anda juga akan menjumpai tanaman-tanaman langka, seperti tanaman bunga bangkai, sawo kecik, kesemek. Bukan tanaman langka, tanaman tropis juga ada, seperti salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon dan masih banyak lagi.

Apa yang istimewa di objek wisata taman mekarsari?  
Wisata taman mekarsari adalah taman yang berkonsep konservasi. Selain itu, taman ini juga digunakan sebagai tempat pembiakan bibit unggul, pemulihan dan budidaya. Jika Anda ingin membeli bibit tanaman yang unggul, maka belilah di garden center. Garden center adalah toko yang menjual aneka bibit tanaman buah yang unggul di kawasan taman mekarsari. Pada tahun 2014, taman mekarsari dibuka dengan penambahan wisata iar dan outbound. Taman ini memiliki banyak wahana permainan air, seperti kolam pemancingan, sepeda air, perahu pisang, perahu naga, dan angsa air. Selain itu taman ini juga menyediakan fasilitas water kngdom dengan luas 5,2 hektar yang dapat menampung 15.000 pengunjung.

Pada taman mekarsari terdapat lazy river, yaitu kolam arus terpanjang dengan panjang 600 meter di Indonesia. Ada pula boomerang slide yang mempunyai ketinggian menara sekitar 16 meter dan papan luncur sepanjang 118 meter. Taman mekarsari juga memiliki danau, yaitu danau cipicung yang berluas 20 hektar. Anda bisa menikmati danau cipicung dengan naik diatas perahu motor. Hal yang menarik pula ketika melihat pemandangan kota Bogor dan taman mekarsari diatas menara denagn tinggi 30 meter. Ada lagi kegiatan yang disediakan oleh objek wisata taman mekarsari, yaitu outbound. Adapun wahana yang disediakan untuk kegiatan outbound ini adalah flying fox, spider web, rumah pohon dan paintball. Agar Anda bisa memasuki tamn mekarsari, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 25.000 rupiah untuk berbagai kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata taman mekarsari. Semoga bisa menjadi inspirasi wisata Anda diakhir pekan.

Artikel Travel Hitz Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top