Objek Wisata Wae Rebo, Desa Eksotis Flores yang Terkenal di Kalangan Turis


Travel Hitz - Salah satu wisata yang ada dibagian Indoneia timur, yaitu objek wisata Wae Rebo. Objek wisata ini terdapat di pulau Flores. Wae rebo adalah nama sebuah desa yang ada di kecamatan Satarmese barat. Wae Rebo sedikit yang mengunjungi karena terletak dilokasi yang sangat terpencil, sebab berada dibalik hutan. Untuk bisa sampai ke desa wisata Wae Rebo Anda harus menembus hutan sejauh 9 kilometer.

Daya tarik objek wisata wae rebo
Objek wisata wae rebo terletak dilokasi yang sangat terpencil dan juga terisolai, sebab berada dibalik hutan, wisata ini jarang dikunjungi para wisatawan. Selain itu objek wisata wae rebo adalah desa Manggaraian tua yang terletak didaerah pegunungan. Jika Anda berkunjung ke desa ini, Anda bisa melihat langsung kehidupan sehari-hari masyarakat disana. Di desa Manggarai Anda berkesempatan melihat mbaru niang, rumah adat tradisional yang bentuknya kerucut melingkar dengan arsitektur yang sangat unik.

Tempat ini dijadikan ritual doa bersama-sama pada hari minggu pagi. Rumah adat mbaru niang sempat mengalami masa-masa memperhatikan dengan kondisi yang mulai lapuk. Setelah ada kunjungan dari Yori Antar dan kawan-kawannya, rumah ini bisa diselamatkan. Pada tahun 2010 yayasan rumah asuh sudah direnovasi. Bahkan dalam proses pembangunannya, pihak swasta dan pemerintah pun ikut membantu. Sehingga rumah yang awalnya tinggal empat buah dengan kondisi yang memprihatinkan, kini sudah menjadi tujuh dengan kondisi yang baik.

Sesungguhnya wae rebo sudah terkenal sejak dulu sebagai objek wisata, tetapi dikalangan wisatawan mancanegara. Karena banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke wae rebo. Semenjak awal tahun 2000 penduduk setempat beruaya melakukan pengenalan wae rebo pada masyarakat luas di Indonesia, yaitu dengan cara memasang foto-foto desa mereka dibeberapa hotel atau travel agent di Rubeng.

Ketika Anda berkunjung ke tempat wae rebo, Anda akan melihat perumahan Manggaraian otentik, tetapi juga mendapat kesempatan mencoba kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Sebagaian besar masyarakat disana mata pencahariannya yaitu berkebun dimulai dari pagi. Adapun kegiatan berkebun itu, seperti panen kopi dan pengolahan kacang. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan wanita wae rebo yang melakukan aktivitas menenun kain songket tradisional, walaupun menenun bukanlah aktivitas yang utama untuk para wanita wae rebo. Apabila Anda ingin bermalam di Niang Mbaru dan bersosialisai dengan masyarakat wae rebo secara langsung. Anda bisa bermalam di rumah penduduk setempat dengan beralaskan tikar yang dianyam dari daun pandan.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata wae rebo. Semoga bisa menjadi inspirasi wisata Anda diakhir pekan.

Artikel Travel Hitz Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top